Aki Soak, Kenali Penyebabnya

Saat ingin bepergian, tentunya terlebih dahulu mesin kendaraan harus Anda nyalakan. Jika kendaraan tidak bisa dinyalakan, kemungkinan besar masalah aki mobil yang menjadi penyebabnya. Bisa karena aki sudah lemah atau rusak.

Aki lemah atau rusak tidak bisa Anda biarkan. Sesegera mungkin harus dilakukan perbaikan atau penggantian.

Penyebab Aki Soak

 

Perlu diketahui, aki memiliki fungsi penting yaitu sebagai sumber tenaga listrik bagi kendaraan. Jika tidak ada sokongan energi, kendaraan tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya. Bahkan, bisa menyebabkan masalah lain bagi kendaraan.

Lalu, apa penyebab aki bisa soak? Silakan simak beberapa penyebab aki bisa lemah atau soak di bawah ini.

Aki Bekerja Secara Terus-menerus

Penyebab aki mobil lemah yang paling sering ditemui adalah karena penggunaan secara terus-menerus. Saat bepergian jarak jauh, Anda mungkin memacu kendaraan tiada henti agar sampai secepat mungkin. Ini bisa menyebabkan aki soak, apalagi jika perjalanan jauh sering Anda tempuh dengan medan jalan yang tidak rata dan datar.

Pada pengguna seperti itu, aki akan terus bekerja keras untuk menghasilkan tenaga yang kuat bagi mobil. Usia aki mobil Anda pun akan semakin pendek. Aki akan semakin lemah kekuatannya dan tidak bisa menyalurkan tenaga listrik dengan maksimal.

Jarang Dipanaskan

Di masa pandemi ini ada anjuran untuk stay at home. Anjuran ini membuat orang jarang bepergian menggunakan mobil. Atau adanya beberapa mobil menjadikan salah satunya tidak terpakai dan inilah salah satu penyebab masalah aki mobil.

Kendaraan yang lama tidak digunakan atau dipanaskan, akinya akan tekor. Ciri pada masalah ini biasanya mobil akan sulit dinyalakan. Jika diperiksa, elemen-elemen kelistrikan pada mobil Anda tidak menyala secara optimal.

Sebagai antisipasi, Anda harus sesekali memanaskan mobil meskipun tidak digunakan.

Komponen Tambahan yang Membebani

Penyebab selanjutnya adalah adanya komponen tambahan yang menambah ekstra kerja aki. Penggunaan audio, pendingin, lampu sorot dan lainnya memang membuat sensasi berkendara menjadi berbeda. Namun, tanpa disadari, hal ini akan membuat aki bekerja lebih ekstra.

Semakin banyak beban, aki akan mudah melemah.

Itulah beberapa penyebab umum aki soak pada kendaraan, semoga bermanfaat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.