Cara Memilih Asuransi Kecelakaan Lalu Lintas

Asuransi kecelakaan merupakan produk keuangan yang dibutuhkan oleh setiap orang di usia produktif. Pasalnya, tingginya aktivitas membuat resiko kecelakaan meningkat yang berpotensi menimbulkan biaya tinggi. Nah, dari sekian banyak produk asuransi yang beredar di pasaran, bagaimana cara memilih asuransi kecelakaan lalu lintas yang terbaik?

Pada artikel ini, kita akan membahas beberapa tips memilih produk asuransi kecelakaan lalu lintas terbaik. Anda juga akan mendapatkan informasi tentang pengecualian dari asuransi yang penting untuk dipahami sebelum membeli produk ini. Mari kita simak lengkapnya di bawah ini.

Bagaimana Cara Memilih Asuransi Kecelakaan Lalu Lintas Terbaik?

Ciri-ciri asuransi kecelakaan terbaik adalah asuransi yang memiliki manfaat luas, diterbitkan oleh perusahaan terpercaya, memberikan layanan klaim yang mudah, dan memiliki rumah sakit mitra yang luas. Berikut penjelasan lengkap cara memilihnya.

  1. Cari tahu besaran keuntungan yang ditawarkan

Setiap produk asuransi kecelakaan lalu lintas menawarkan berbagai nilai manfaat. Dari produk-produk yang ada, Anda bisa membandingkan produk mana yang menawarkan manfaat tinggi dengan premi minimal. Selain tabel manfaat, Anda juga perlu memahami ketentuan lain, seperti pengecualian klaim hingga persyaratan usia pendaftaran.

  1. Memahami asal-usul perusahaan asuransi

Asal usul dan reputasi perusahaan dapat menjadi tolak ukur dalam memilih asuransi kecelakaan lalu lintas terbaik. Pasalnya, Anda akan mempercayakan keuangan Anda kepada perusahaan asuransi (dalam rangka manajemen resiko).

Semakin baik reputasi perusahaan, semakin kecil resiko kesulitan dalam mengajukan klaim. Jadi, pilihlah perusahaan asuransi dengan track record yang baik dan citra yang positif.

  1. Periksa kenyamanan klaim online

Di usia yang produktif, tentunya Anda memiliki aktivitas yang padat dan waktu yang terbatas. Jika asuransi memberikan layanan konsultasi dan klaim secara online, tentunya akan sangat bermanfaat dalam menghemat waktu.

Salah satu asuransi yang mempunyai fitur ini adalah garda trip. Untuk berkomunikasi dengan pihak asuransi, Anda bisa langsung menghubungi service center melalui aplikasi Whatsapp!

  1. Periksa daftar rumah sakit mitra asuransi

Bila terluka dalam suatu kecelakaan, tertanggung harus dilarikan ke rumah sakit terdekat. Oleh karena itu, sebelum memilih asuransi kecelakaan terbaik, pastikan perusahaan memiliki jaringan rumah sakit mitra yang luas. Jadi, saat dibutuhkan, Anda tidak perlu repot mencari rumah sakit mitra.

Sebagai informasi, rumah sakit mitra adalah rumah sakit yang bekerja sama dengan asuransi untuk layanan cashless atau klaim gratis. Untuk rumah sakit mitra non-asuransi, Anda masih dapat mengajukan klaim penggantian: di mana Anda harus membayar biaya rumah sakit terlebih dahulu dan akan diganti kemudian oleh asuransi.

Pentingnya Asuransi Kecelakaan

Mayoritas penduduk usia produktif memiliki banyak aktivitas di luar rumah. Dengan demikian, resiko kecelakaan juga lebih tinggi dan dapat menimbulkan beban finansial. Pertama, korban bisa terluka, sehingga membutuhkan biaya pengobatan yang besar di rumah sakit.

Kedua, korban kecelakaan dapat meninggal dunia atau mengalami cacat tetap. Jika korban adalah tulang punggung, keuangan keluarga akan terganggu. Oleh karena itu, Anda harus mengantisipasi risiko tersebut dengan asuransi kecelakaan. Siapkan anggaran khusus dalam perencanaan keuangan Anda untuk mengendalikan resiko.

Hanya dengan mengeluarkan premi yang tidak begitu besar, Anda bisa mendapatkan bantuan keuangan jika mengalami musibah. Tapi ingat, asuransi berbeda dengan menabung. Premi yang Anda bayar harus dimasukkan ke dalam anggaran belanja, bukan di tabungan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.