Fakta Unik Wall of Wind, Kipas Terkuat di Dunia dengan Angin Setara Badai Kategori 5

Tahukah kamu jika di dunia ini ada kipas yang bisa mengeluarkan angin sekuat badai? Ialah The Wall of Wind, simulator angin terbesar di dunia yang mampu menghasilkan angin hingga 157 mil per jam (70m/s). Artinya, angin yang dihasilkan alat mengesankan ini sebanding dengan kekuatan badai kategori 5.

Untuk mengetahui kekuatan badai yang menghancurkan, pertama tama insinyur harus mempelajarinya dan menguji berbagai bahan terhadap angin kencang yang dihasilkan. Inilah yang melatarbelakangi pemikiran para insinyur di International Hurricane Research Center (IHRC) dan College of Engineering and Computing (CEC) di Florida State University menghabiskan 15 tahun membangun dan menyempurnakan Wall of Wind atau tembok angin untuk mereplikasi angin topan. Semuanya dimulai pada 2005, dengan dua turbin angin yang kuat yang mampu menghasilkan angin hingga 53 m/s.

Tetapi, kebutuhan untuk mensimulasikan arus udara yang lebih kuat meningkat, begitu pula kekuatan Tembok Angin. Saat ini, instalasi Wall of Wind terdiri dari total 12 kipas raksasa yang mampu menghasilkan angin hingga 70m/s. Sebagai referensi, sebuah penelitian menunjukkan pohon bisa patah dengan tiupan angin berkecepatan angin 42m/s, tanpa melihat usia, diameter, atau jenis pohonnya.

Menurut situs web Universitas Negeri Florida, Wall of Wind dapat menguji kegagalan struktur bangunan seperti perumahan yang dibangun di lokasi rawan badai. Hal ini memungkinkan para insinyur untuk menguji struktur dan material bangunan terhadap kerusakan akibat angin dan hujan yang disebabkan oleh badai. Bangunan kecil dapat ditempatkan di atas meja putar di depan Tembok Angin, sehingga dapat dihantam dari semua sisi untuk mendeteksi kemungkinan titik lemah.

Kipas ini juga dapat ditingkatkan ke berbagai kecepatan angin, sehingga para insinyur bisa memahami secara lebih baik tentang berbagai desain dan material rumah tahan badai yang kuat. Awalnya, Wall of Wind yang berada di Miami mampu mereplikasi badai kategori 1 hingga 4. Tetapi instalasi ini sekarang dilaporkan mampu mensimulasikan badai seperti Katrina dan Andrew, yang mendapat peringkat sebagai badai kategori 5 menurut Skala Badai Saffir – Simpson.

Ingin lihat seperti apa kekuatan Wall of Wind? Bisa tonton videonya

Leave a Reply

Your email address will not be published.