Galian C di Soreang Kabupaten Bandung Longsor, Warga Sekitar Khawatir Rumahnya Ikut Tertimbun

Sejumlah rumah yang berlokasi di sekitar galian C di perbatasan Desa Sadu dan Desa Sukajadi Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung terancam tertimbun longsor, Selasa (6/4/2021) dini hari. Menurut seorang warga yang rumahnya hampir tertimbun longsor, Eza Ardiyansyah (24), longsor galian C tanpa izin tersebut terjadi sekitar pukul 04.00 dini hari. "Awalnya ada suara kecil, beberapa kali, sampai yang ke empat kedengaran keras sekali," ujar Eza, saat ditemui di dekat longsoran, saat siang hari.

Eza mengaku, saat kejadian dia sempat panik. Sebab saat itu ia sedang begadang setelah pulang kerja. "Saya sempat panik, meninggalkan rumah, karena khawatir ada longsor susulan," kata Eza.

Eza khawatir akan terjadinya longsor sebab banyak rumah di sana. Longsoran tanah galian C tersebut cukup tinggi dan lebar. Namun longsor yang terjadi tak menimpa rumah, hanya satu saung yang terkena sedikit longsoran.

Walau demikian beberapa rumah terancam tertimbun, jika terjadi longsor kembali. Sebelum kejadian, kata Eza, sorenya di wilayah tersebut diguyur hujan. Namun saat kejadian tak ada hujan, jadi tak ada yang menyangka.

"Penambangan batu, (di galian C tersebut) masih beroperasi," ucapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.