Car insurance dari MSIG

Jangan Panik, Kenali Penyebab Setir Mobil Bermasalah!

Salah satu komponen mobil terpenting adalah setir mobil. Jika setir bermasalah, mobil tidak bisa beroperasi. Apabila dipaksakan, risikonya adalah terjadi kecelakaan akibat tidak bisa mengendalikan setir yang bermasalah. Oleh sebab itu, sangat penting untuk Anda mengetahui penyakit pada setir mobil yang suka terjadi agar dapat dihindari. Supaya berkendara lebih aman dan nyaman, sebaiknya manfaatkan asuransi kendaraan, seperti car insurance dari MSIG. Kecelakaan atau kerusakan tidak terduga pada kendaraan akan di-cover oleh pihak asuransi. Sehingga, Anda tidak perlu mencemaskan biaya perawatannya nanti. Setelah memastikan asuransi sudah tersedia, langkah selanjutnya adalah mengenali penyebab setir bermasalah. Di bawah ini adalah penjelasannya.

1. Ban kempes

Penyebab pertama adalah ban kurang angin atau kempes. Sebenarnya, sangat mudah mengetahui apakah ban mobil Anda kurang angin atau tidak. Bila Anda sudah merasakan setir mulai berat dan sulit dikendalikan, maka tandanya ban Anda kurang angin. Selain setir yang mulai sulit dikendalikan, tanda lainnya adalah terdengar suara gemuruh dari mobil. Selain itu, mobil terasa lambat dan berat. Kondisi seperti itu sangat berbahaya. Oleh sebab itu, cek secara berkala kondisi ban Anda.

2. Kerusakan pada power steering belt

Pada setir mobil terdapat kipas pemutar atau steering belt. Fungsinya yaitu untuk meringankan sistem kemudi mobil sehingga mudah dikendalikan. Komponen inilah yang membuat setir mobil terasa ringan saat diputar. Apabila belt bagian ini kendor atau bahkan putus, maka setir mobil akan terasa berat dan sulit dikendalikan. Bagian ini sangat rentan terjadi kerusakan. Pastikan untuk selalu memeriksa belt ini supaya ketika terjadi kelonggaran, dapat segera diatasi oleh ahlinya.

3. Oli power steering berkurang

Selain memperhatikan belt pada komponen power steering, penting juga untuk selalu menjaga oli power steering. Oli ini berfungsi untuk memberi tekanan pada bagian piston. Jadi, jika oli berkurang, tekanan juga ikut berkurang. Oli power steering yang normal umumnya berwarna merah tua. Jika sudah berubah menjadi gelap, segera ganti oli dengan yang baru. Pastikan Anda memakai oli dengan kualitas oli yang bagus. Jangan  asal pilih oli karena akan berdampak buruk pada komponen mobil Anda.

4. Kebiasaan buruk saat memutar arah

Pernahkah Anda memutar kemudi sampai mentok? Hal ini biasanya dilakukan saat sedang tergesa-gesa. Namun, sebaiknya hindari kebiasaan buruk tersebut. Sebab, mobil mempunyai batas putaran setir. Sehingga, jika dipaksakan akan merusak steer gear. Pastikan Anda menyetir dengan baik meskipun saat sedang terburu-buru.

Setir mobil adalah bagian paling penting pada mobil. Oleh sebab itu, penting untuk selalu memeriksa kondisinya. Hindari penyebab-penyebab yang sudah disebutkan di atas agar kondisi setir mobil Anda selalu terjaga. Semoga bermanfaat!

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.