Sambut Ramadhan, Telkomsel Targetkan Peningkatan Penggunaan Data di RAFI 2021

Provider Seluler Telkomsel kembali meluncurkan program layanan khusus Ramadhan tahun 2021. Telkomsel meluncurkan Telkomsel Siaga RAFI (Ramadhan dan Idul Fitri) 2021 yang berfokus pada peningkatan layanan telekomunikasi selama bulan Ramadhan hingga Idul Fitri 1442 Hijriah. Dalam momen RAFI tahun ini, Telkomsel memprediksi trafik jaringan, terutama layanan data akan meningkat. Peningkatan itu ditargetkan naik sekitar 8,54% pada periode Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) tahun 2021. Sebab, saat ini bulan puasa masih dijalani dalam masa pandemi Covid 19 yang sudah setahun ini melanda Indonesia.

Tak hanya layanan data, Telkomsel juga memprediksi layanan voice akan naik 3,14% dan layanan SMS meningkat 2,95%. Direktur Network Telkomsel, Nugroho mengungkapkan intensitas telepon dan sms seperti biasa meningkat dalam momen RAFI. Hal ini disebabkan pula dari aturan larangan mudik olleh pemerintah yang membuat masyarakat akan bersilaturahmi melalui layanan telekomunikasi. "Oleh karena itu, fokus kita kali ini adalah memperkuat kapasitas dan coverage di area residensial serta beberapa point of interest (PoI) yang telah dipetakan,” ujar Nugroho, dalam Launching RAFI 2021 dalam virtual conference, Senin (12/4/2021).

Nugroho juga memprediksi akan terjadi peningkatan trafik pada momen RAFI tahun 2021 di berbagai layanan Telkomsel. Layanan itu di antaranya trafik komunikasi meningkat 17,5 persen, bermain gim 8,8 persen, web 13,8 persen, dan transaksi perdagangan secara elektronik (e commerce) 13,8 persen. Sementara untuk aktivitas hiburan dan media sosial, layanan streaming video 10,4 persen, sosial net 11,2 persen, serta akses media sosial 5,5 persen. Selain aktivitas voice data dan media sosial, pengisian paket data dan top up aplikasi yang bakal digunakan pengguna Telkomsel juga diprediksi naik. Kenaikan itu di antaranya Telegram sebesar 19,6 persen, WhatsApp 19,6 persen, TikTok 16,6 persen, Instagram 15,2 persen, game Mobile Legend 8,8 persen, Facebook 8,1 persen, Twitter persen.

Untuk aktivitas streaming video dan conference, Telkomsel juga memprediksi akan mengalami peningkatan pesat. Di antaranya akses YouTube naik 6,7 persen, dan video conference naik 9,6 persen. Untuk mendukung jaringan dalam momen RAFI tahun ini, Telkomsel menyiagakan BTS untuk mengantisipasi lonjakan trafik yang bakal terjadi. “Kami telah menyiapkan coverage dan kapasitas yang lebih baik, yaitu sebanyak 263 ribu BTS (3G/4G) baru, serta 64 compact mobile (Combat) BTS, demi menjaga kestabilan dan layanan selama periode tersebut,” tambahnya.

Sementara fokus persiapan jaringan pada RAFI tahun ini mengalami perbedaan dari tahun lalu. Nugroho mengakui, persiapan jaringan pada moment RAFI 2021 akan fokus menyiapkan kapasitas dan coverage, terutama di area residensial. “Fokus tahun ini berbeda dengan tahun lalu. Masa pandemi masih ada saat ini. Oleh karena itu, kita fokus di area residensial. Perkuat kapasitas dan coverage di area residensial,” tutur dia. Selain menyiapkan berbagai dukungan untuk memperkuat jaringan, Nugroho memastikan dalam bulan puasa Ramadan tahun ini akan banyak sekali program dijalankan.

Telkomsel sudah menyiapkan segala kebutuhan dan menyiapkan langkah antisipasi yang dipersiapkan lebih baik untuk memperlancar layanan yang diberikan kepada para pelanggan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.