Tips Untung saat Berinvestasi Saham Pasar Amerika

Ada banyak hal yang menarik tentang US stock market sehingga banyak orang Indonesia yang berbondong-bondong berinvestasi di dalamnya. Meski judulnya sama-sama investasi saham, namun ada banyak perbedaan antara saham pasar Indonesia dan Amerika.

Semua perbedaan itulah yang harus Anda pahami sebelum membeli dan investasi saham di pasar Amerika. Jangan sampai Anda keluar banyak modal namun justru tidak mendapatkan keuntungan atau bahkan balik modal.

4 Tips Untung saat Memilih Investasi di Pasar Saham Amerika

Membeli saham pasar Indonesia atau pasar Amerika merupakan suatu pilihan. Jika Anda lebih tertarik untuk membeli saham Amerika, maka lakukanlah semua tips berikut ini agar lebih menguntungkan:

1. Belajar Kelebihan dan Kelemahan Saham Pasar Amerika

Pengetahuan adalah hal terbaik yang harus Anda miliki sebelum investasi saham, terlepas yang dibeli adalah saham pasar Amerika atau pasar Indonesia. Tanpa pengetahuan yang luas, sama saja artinya Anda membeli saham buta, di mana tidak ada kesiapan dan strategi sama sekali.

Pelajarilah ilmu investasi saham pasar Amerika dari berbagai sumber online maupun offline. Bila memungkinkan, Anda bisa berteman dengan investor asing untuk menggali pengalaman dan pengetahuan mereka seputar saham Amerika.

2. Cari tahu Indeks Indikator Saham yang Diinvestasikan

Amerika merupakan negara yang besar dengan jumlah investor yang sangat banyak. Meski demikian, perhitungan atau pergerakan saham pasar Amerika yang sedang berlangsung bisa Anda ikuti melalui 3 indeks saham.

Jika Anda tidak memahami bagaimana cara membaca indeks dari Nasdaq maka Anda bisa beralih kapan saja ke Indeks DJIA atau Standard and Poor’s 500. DJIA memungkinkan Anda mengecek pergerakan saham pada Wall Street atau di seluruh dunia.

3. Pasang Target dan Buatlah Strategi

Ketika melakukan investasi saham pasar Amerika, berapa total keuntungan yang ingin Anda raih? Nominal inilah yang nantinya menjadi target Anda dalam berinvestasi saham. Setelah mengetahui besaran targetnya kemudian lanjutkan dengan menyusun strategi.

Proses penyusunan strategi bisa jadi jauh lebih panjang dari proses investasi itu sendiri. Anda harus membaca banyak buku referensi untuk memahami lebih dalam produk yang hendak diinvestasikan. Hindarilah melakukan investasi tanpa strategi terlebih jika modal yang Anda keluarkan jumlahnya amat besar.

4. Siapkan Dana Asli sebagai Permodalan

Yang dimaksud dengan dana asli merupakan uang atau modal murni yang bukan berasal dari pinjaman atau uang milik orang lain. Kondisi ini berlaku jika Anda bermaksud menjadikan investasi saham pasar Amerika sebagai investasi jangka panjang.

Menggunakan uang pinjaman atau dana milik orang lain sebagai modal investasi bukanlah pilihan bijaksana. Anda tidak bisa menebak kapan kebutuhan uang tersebut muncul ke permukaan. Bagaimana jika uang titipan tersebut harus dikembalikan besok padahal Anda baru saja investasi beberapa hari yang lalu?

Membeli saham melalui pasar Amerika, mengapa tidak? Bila Anda sering gagal berinvestasi saham di Indonesia bisa jadi investasi di luar negeri lebih menguntungkan. Kuncinya adalah mempelajari saham dan berbagai kelemahan serta kelebihan investasinya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.